Sahabat...
Sudah lama banget ya kita nggak pernah ngobrol-ngobrol (Mama lagi cinta rupiah ni tante, saben malem kerjanya lembur mulu, jadi lupa deh nulis-nulis lagi... ^_^ dims)
Tapi kemarin siang saya mendapatkan sebuah pertanyaan menarik dari seorang sahabat Koleksikikie - yang kebetulan sedang curhat tentang susahnya jualan aksesoris -
"kie ternyata jualan aksesoris itu susah banget ya... bahkan jual ke temen ama sodara sendiri pun kadang ribetnya nggak karuan kie... padahal kalau mampir ke koleksikikie, kayanya semua gambar tulisannya SOLD mulu, apa ada yang salah ya kie dari cara gue masarin produk ini... "
Ah tenang saja sahabat... it happen to everybody hehehe
saya pun pernah ngalamin masa-masa yang demikian my pren ^_^ tanpa kita sadari, sebagai pedagang aksesoris pemula, kita memang sering melakukan hal sederhana yang mengundang tingkat stres tersendiri hehehe... apa aja ya
Kesalahan Pertama : Pengen Cepet Laku
"Aduh ini kan wajar banget kie", hehehe... sebenernya iya sih my pren
tapi coba kita lihat cuplikan percakapan berikut ya ^_^
(suatu ketika ada yang memuji kalung hasil karya kita lucu)
teman : wah lucu banget nih kalungnya... bikinan lu ya?
kita : Iya buatan gue sendiri lho... murah nih, mau nggak?
Oh Nooo my pren... sebaiknya hindari kalimat (warna merah )seperti ini, karena inilah kalimat awal yang mengundang adegan tawar menawar yang tak kunjung usai (yah murah versi penjual sama pembeli kan kadang ada kesenjangan yang besar pren) ^_~ hehehe.. kalau kita termasuk golongan yang suka terjebak menggunakan kalimat ini, coba ganti dengan kalimat penawaran yang lebih smooth... misalnya :
teman : wah lucu banget nih kalungnya... bikinan lu ya?
kita : hehehe... iya, kemarin habis lihat Rihana di MTV... tau deh gue jadi kepikiran aja, kalau bajunya di matchingin ama kalung model gini pasti keren... eh warnanya juga cocok loh sama baju yang baru kemarin lu beli"
teman : Wah iya... duh pasti keren banget deh...
kita : Kalau udah masuk Metro, kalung yang pake bahan kaya gini bisa dijual ampe 200 rebu lho, kalau aku sih yah nggak sampe segitunya kaliii ... (kalimat memancing... hihihi)
teman : Wah kalau ke gue lu jual berapa nihh....
kita : Yah buat elu 75 rebu boleh lah...
temen : Uuuu... pengennnn, nggak bisa kurang lagi nih?
kita : Wah bahannya bagus nih... modelnya juga unik lho, tapi kalau mau di bayar sekarang boleh deh 60 rebu
temen : Huaaaaaaaa.. makasih ya (kita :aseeeeeeeeeeekkk lakuuu my pren, hehehe
TIPS nya :
1) yakinkan dulu ke temen kita kalau barang yang kita jual ini keren pren ^_^
2) akan lebih Okay lagi kalau kita bisa meyakinkan bahwa teman kita ini membutuhkan aksesoris tsb (misal kalau di contoh tadi buat padahan bajunya, bisa juga biar keliatan lebih keren pas ada kondangan, buat kado nyokap yang mau ultah dsb )
3) pilih patokan harga dari toko atau.pembuat aksesoris yang lebih terkenal ( misal : kalau di koleksikikie bros capung ini 25 rebu lho... di aku boleh lah 5 rebu dapet 3 Wahakakakakaka... ada yang ngaku-ngaku terkenal nih)
Kesalahan Dua : Bangga Sudah Laku Banyak
Alkisah waktu hari gajian bawa barang dagangan ke kantor, alhamdulillah banget dari 10 bros yang kita bawa 7 sudah laku. bangga? jelasss.. tapi coba simak cuplikan percakapan berikut my pren ^_^
Teman : Wah lucu nih brosnya... aku lagi nyari warna putih nih
Kita : iya dunk, ini lagi musim nih... tadi aja aku bawa 10 udah laku 7 lho.. yang putih ini malah ada 4 orang yang beli, seketarisnya si bos, trus mbak parti pantry, sama bu isah yang jadi typish bagian humas... trus sama temen sebagian lu tuh si shanty
Oh Nooo my pren, maksud hati sih pengen cerita dagangan laku keras... tapi hindari juga kesan bahwa aksesoris yang kita jual ini milik sejuta umat ^_^ karena umumnya beberapa pembeli justru mencari yang unik dan jarang dimiliki orang lain
TIPS nya :
1) sampaikan saja bahwa aksesoris kita cukup laku terjual
2) daripada menjelaskan panjang lebar kepada siapa saja kita sudah menjualnya, akan lebih baik kalau kita berikan tips dan saran cara pemakaian aksesoris tersebut. Calon pembeli hepi karena merasa terbantu oleh saran kita, dan kita pun sueeeeneeeng karena dagangan laris...
lagian belum tentu juga bros yang kita jual tadi akan dipakai pada satu saat bersamaan di tempat yang sama ^_^
Kesalahan Ketiga : Memberi Bonus yang Salah
"Hari gini siapa sih kie yang nggak seneng dapet bonus?" eit tunggu dulu my pren... coba simak cuplikan cerita yang ini
Karena hepi berat barang kita laku keras, maka sebagai ungkapan terimakasih... kita pun memberikan bonus sepasang anting dari mutiara sintetis yang chic kepada salah seorang pelanggan, yang baru saja membeli gelang cantik dari bahan mutiara air tawar yang dipadukan dengan kristal swaroski. Dengan penuh percaya diri kita yakin, bahwa hadiah ini akan membuat pelanggan tadi makin jatuh cinta untuk terus belanja di toko kita... tapi my pren, inilah isi sms setelah pelanggan tersebut menerima paket kiriman dari kita
"mbak terima kasih paket sudah diterima. Next time jangan ngasih bonus anting donk, percuma nggakbisa saya pakai, telinga saya nggak tahan kalau pakai yang bukan dari emas"
Gemes... Bete... mau marah, lho kok gitu sih... lho kok marah... huahahaha... jadi nyanyi deh gue pren ^_^ tapi bisa jadi kesalahan itu ada pada kita lho sahabat. Karena kita kurang jeli membaca informasi yang diberikan oleh pelanggan.
Tipsnya :
1) jangan sungkan untuk memberikan sentuhan pribadi kepada pelanggan aksesoris kita. Yang sederhana aja misalnya dengan mengingat namanya, bisa juga ditambahkan nama anaknya, jenis aksesoris yang dia suka, pekerjaannya... cocok untuk aksesoris jenis yang bagaimana... dst. Informasi ini akan membantu kita memilihkan bonus yang paling tepat untuk pelanggan tersebut
2) Untuk menghindari bonus yang tak diharapkan seperti ini, tidak ada salahnya untuk mengkonfirmasi terlebih dahulu kepada pembeli tentang jenis barang yang akan kita berikan. Contoh sederhana saja my pren... seorang pelanggan bisa jadi lebih senang daet hadiah gantungan HP warna merah seharga Rp 5.000 daripada sepasang anting hijau seharga RP 15.000, dikarenakan faktor... pelanggan ini pecinta merah, serta kenyataan bahwa dalam keseharian dia berkerudung dan tidak suka warna hijau ^_^
Sahabat...
artikel ini hanya sekedar berbagi cerita
dari saya yang mungkin sudah terlebih dahulu mengalami hal-hal ini... semoga bisa sedikit memberi arti dan inspirasi untuk bisa lebih maju lagi ^__^ (kie)
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
bener..jgn pernah merasa barang kita sdh laku byk lalu sombongnya sampe keujung langit
BalasHapushehehe... thankyou ulie darling, udah mampir ^_~
BalasHapuswah salut dengan ilmu marketingnya :D
BalasHapushuehehehe... marketing emak-emak
BalasHapustapi aku juga terharu lho beli di Ken nMom Shop, cepet pelayanannya... trus kok ya dari segitu banyak orang yang beli bisa hapal gue sukanya buku yang mana aja hehehe... makasiyyy yaaaaa... muahhh
hahaha... jadi nga enak ati neh :D....
BalasHapusma kasih banyak juga ya...
buyer paling oke niy...
nga banyak cing cong langsung bayar :D
hehehe....bagus masukannya kie...
BalasHapusharus belajar banyak nih dari kamu
Kikie.. great tips, you go girl!!
BalasHapusinsipasi banget...(^.^)
BalasHapussalam kenal mba..
hebat kamu.... copy writer handal.
BalasHapusmakasih mba kie untuk masukannya ^__^
BalasHapusThanks ya sudah sharing disini, mba Kikie. Memang kalau jualan kita tetap harus ramah seperti si mba meski kadang ada pelanggan yang nyebeliiiiinnn banget. Sampai kadang di dalam hati marah, 'udah deh, lu gak beli juga gua gak rugi'. Hahaha... Tapi kalimat itu kan gak bisa kita langsung ucapkan begitu saja. Memang cape, mba, tapi jualan online jauh lebih mudah daripada langsung buka toko, soalnya gak berhadapan langsung dengan si pembeli cerewet hehe...
BalasHapusmasukannya bagus sekali Kie utk para pemula manik2. Saya sendiri yg cuma numpang baca setuju banget dengan semua pendapat Kikie. Pokoknya tambah sukses aja ya Kie!
BalasHapuswah kikie ini emang jempolan deh!!
BalasHapusTFS ya kie... kalo ada pemilihan miss2an (bukan mimisan ya..hehehe), lu gue nominasiin deh jadi Inspiring Woman 2008!!!! hehehe ^_^
Mbak Kikie emang paling toppppppp....;D
BalasHapusiya harus gitu kie... harus pede jangan asal ngomong "murah nih" hehe. dan juga harus pede promosi diri. :)
BalasHapusbanyak kenalanku yang baru jualan aksesori gitu, mikirnya yang penting murah, murah, murah. jadinya lama2 rugi karena tekor, bikin aksesori itu kan waktunya lama.
thanks for sharing! kapan2 mau berbagi juga ah...
mbak Kie emang jago nulis jg nii.. slalu menarik n gampang dimengerti tulisannya ;)
BalasHapusmakasih info n masukkannya ya mbak kie...
BalasHapussemoga bisa jadi pelajaran berharga buat semua yang baca...
Sahabat... terimakasih banyak ya sudah mampir ^_^
BalasHapustulisan ini bisa tercipta juga karena banyak masukan dari sahabat koleksikikie lop you prenn..
thanks Kie..tipsnya ok bgt...heheh
BalasHapusBener bgt mbak. menurut saya, Jualan offline lebih susah dibanding online. Tawar menawarnya itu lho yang nggak kuku hihihi....capung model kiki bisa ditawar 1/5 nya dari harga banderol lho...wakakak....
BalasHapusmantap!!!
BalasHapus^_^
Gitu ya. Tfs mba
BalasHapusWaduhhh ... gawat... bikin aja sendiri hahaha... (itupun kalau dia bisa bikin, kirain gampang bikin capung? hehehe...)
BalasHapusSukses selalu y Mba :D
BalasHapuswahhh tambah keliatan 'pinter' aja nih mamah dimas ;)
BalasHapustambahin lagi kesalahannya: baru belajar jualan, barangnya difoto dipajang, dibilang OK ada, ehh tahunya begitu udah dibayar barangnya gak ada. Udah laku katanya. Mau bikin lagi, batunya udah gak ada. Harus ganti warna. Dongkol gak sih....baru belajar jualan udah nggak bener gitu. Udahlah jadi males belanja abis itu...mana packagingnya gak bagus gak menarik hati. Pas sudah.....
BalasHapuswah ai... ini masukan oke nih ^_^ mungkin judul tulisannya harus di rubah ya... jadi empat kesalahan, tambah satu lagi jadi kaya pancasila deh =)
BalasHapusMasukan lagi, tapi yang ini ga cuma untuk pedagang manik, tapi untuk semua pedagang : Jangan over advertise, jangan keseringan promosi (di GBku pernah dalam seminggu ada 2-3 kali seller yang sama ngiklan) apalagi di tempat yang tidak seharusnya (di comment box pada photo album atau blog), mana ukurannya beeoosaar gitu...kasian kan GB kita isinya jadi iklan dari dia doang dan karena udah ngerasa ga simpati, kita jadi malas ngunjungi MP dia (campur curhat niy, hehehe)
BalasHapusTOP resepnya..
BalasHapusHihihi..mb kie,pengalamannya spt aq bgt...pantesan kq kynya susah bgt jualan,t'nyata begitu toh etikanya..TQ yup!
BalasHapushehehe... sebenernya bukan etika kok dian...
BalasHapustapi kalau kita sudah terlanjur melakukan 3 hal diatas, umumnya kita akan terjebak pada stres ala pedagang baru itu hihihihihi... yah tapi kayanya semuanya sempet ngalamin deh ya
nice as usual. very very mba ki.. sip! sip! sip!
BalasHapuswah mba kie niy mang bnr2 jagonya dech.... tipsnya ok bgt mba, mksh ya ilmunya ^_^
BalasHapuswah, tipsnya berguna banget nih, thx for sharing ya mb Kie...
BalasHapuspas banget, baru aja mo nanya yang sama kaya gitu :p
BalasHapusbtw, kotak bros gede itu caem deh, dijual juga ga tuh mba?! ^^
Iya nih mba, aku juga kesel kalau dapat iklan besar2, uploadnya jadi lama. Makanya kadang mau aku sembunyikan aja tuh guess book, kalau teman kan bisa langsung PM-an.
BalasHapusdaripada di sembunyikan setting aja mbak supaya guest book nya hanya bisa di isi sama temen ^_^ klik customize my site gitu...
BalasHapusBagus nih tipsnya buat pedagang pemula. Salam kenal yah mba kie..brosnya bagus2.
BalasHapusgreat tips mba kikie... ^__^
BalasHapuseh iya lam kenal yah... koleksinya bagus2 deh
makasih ya erna ^_^
BalasHapusmbak salam kenal yach...
BalasHapusaku sering mampir lho ke blognya...
habis cantik-cantik maniknya...
Jadi pengen....
wah makasih ya sudah mampir koleksikikie
BalasHapusSalam kenal mba Kie.
BalasHapusVee belajar byk dr mba.
Thx alot ya..
terimakasih vee... sukses ya ngeroncenya ^__^
BalasHapus