Halaman

    Social Items

Membuat Proposal Proyek Manik-Manik

Untuk menangkap ikan besar
Umpannya perlu dipersiapkan,
Agar dapet proyek besar
Proposalnya harus dibuat menawan
(pantun MeksoDotCom)

Tapi sudah bukan rahasia lagi sahabat...
salah satu cara mempromosikan brand atau produk kita, adalah dengan menawarkan kerjasama untuk melakukan acara bersama.

Sasaran empuknya siapa aja ya kie?

1. Produk yang sesuai dengan target market kita
misal launching produk kecantikan, acara ini bisa juga disertai dengan demo membuat aksesoris sederhana...

2. Majalah/tabloid Wanita
Secara rutin biasanya majalah/tabloid wanita ini menyelenggarakan acara bagi pembaca setianya.  tema acaranya bisa beragam, dan proposal kita bisa menjadi salah satua lternatif kegiatan untuk menjalin loyalitas pembaca dengan majalah tersebut, disamping tentunya ajang silaturahmi.

3. Kumpulan ibu-ibu/istri-istri di perusahaan atau PKK.
Biasanya kelompok-kelompok ini secara aktif mengadakan kegiatan-kegiatan ketrampilan bagi anggotanya.

4. Orang-orang yang memiliki minat untuk belajar hal-hal baru
Yang ini sifatnya lebih eksklusif dan agak sulit identifikasinya, biasanya mereka lah yang akan menemukan kita, karena promosi melalui web, melihat hasil karya kita, atau referensi dari teman.

5. Partai atau Organisasi Masyarakat
biasanya mereka punya departemen atau bagian khusus yang mendukung kewirausahaan, ataupun kegiatan-kegiatan yang bertujuan u memberikan ketrampilan pada anggota atau masyarakat binaannya. Nah mereka-mereka ini juga merupakan sasaran tepat yang bisa kita ajak bekerjasama sahabat


Terus apa yang harus kita lakukan kie?


cari tau dulu siapa penyelenggara acara yang akan kita serahi proposal, plus kumpulkan info sebanyak mungkin... biasanya mereka membuat acara yang seperti apa?
lalu buat proposal proyek yang paling sesuai dengan mereka.

contoh soalnya gini sahabat:
perusahaan yang akan kita ajak kerjasama adalah Brand Cosmetic ternama yanga kan Launching Produknya, agar acara menarik bersama acara tersebut akan diadakan demo membuat aksesoris.

dari sini kita dapatkan info bahwa acara utama adalah "Launching Product" maka demo aksesoris jangan sampai menjadi kegiatan yang kelewat menyita perhatian, pilih proyek yang cepat, mudah diaplikasikan, dan yang terpenting masih sejalan dengan ciri khas Cosmetic tersebut. Misal kosmetik nya mengedepankan bahan-bahan alami, maka kita bisa pilih bahan baku proyeknya dari kayu atau batu alam

Akan lebih baik lagi, kalau kita sudah punya kenalan orang dari perusahaan tersebut, atau anggota perkumpulan. Sehingga bisa kita ketahui.. apa yang mereka harapkan dari proyek ini. Dan yang terpenting juga, tentukan hal yang menjadi poin kritis;

misalnya :
acara akan dilaksanakan di lapangan terbuka yang panas dengan jumlah pengunjung tak terbatas.
maka point kritisnya adalah media presentasi, harus sesuatu yang jelas, baik audio maupun visual. Kalau pakai alat bantu gambar harus bisa di proyeksikan dalam ukuran besar, agar bisa dilihat oleh pengunjung yang datang.

lain lagi kalau acaranya dilakukan dalam waktu yang terbatas, hanya 30 menit, tidak boleh lebih.
maka point kritisnya sudah langsung dapat dikenali, yakni proyek yang kita tawarkan haruslah berdurasi singkat. Jangan bikin bros yang ruwet, mending bikin kalung yang simple. Yang terpenting 90 persen peserta mampu menyelesaikan dalam alokasi waktu yang disediakan.

hal lain misal anggota perkumpulan yang akan kita ajak bekerjasama rata-rata sudah cukup berumur,

point kritisnya adalah jenis manik yang digunakan, jangan nekat pilih manik pasir, karena sampe setengah hari bisa-bisa yang kita lakukan tidak jauh dari menemukan lubang manik-maniknya. dsb sahabat ^_^

yang paling sering adalah keterbatasan dana/anggaran dari panitia
point kritis yang ini yang akan paling sering kita temukan, untuk menyelesaikannya dituntut kreatifitas kita membaca peluang. Apakah dgn cara mengganti bahan dgn manik yang harganya lebih terjangkau, atau bisa jadi memutuskan u sengaja rugi di proyek tersebut asalkan bisa barter dgn diperbolehkan berjualan produk kita di venue acara.
Dalam acara-acara yang bersifat sosial, mungkin saja secara rupiah kita tidak mendapatkan untung besar sahabat, tapi peran serta kita di dalam acara tersebut tentu akan menjadi promosi yang mahal harganya u kelangsungan hidup kita sebagai pengusaha.

Selanjutnya... mari kita mulai membuat proposal Sahabat
Action!!!
Nah apa saja isi proposalnya... akan dibahas di artikel berikutnya yaaa... (kie)

2 komentar:

  1. thumbs...
    makasih buat share nya mbak kie...
    ilmu baru di pagi hari nih :)

    BalasHapus
  2. Mba Kikie, thanks a lot atas sharingnya....
    Sangat menginspirasi....
    Bahan-bahan telah disiapkan, lanjutkan dengan aksi yang spektakuler :)

    BalasHapus