Halaman

    Social Items

Ketika Orderan Datang (Seri I)

Setelah menjalani hari-hari dengan perasaan H2CNDL (harap-harap cemas nunggu dagangan laku) eh tiba-tiba aja ada pembeli yang menyampaikan niatnya memesan aksesoris karya kita dalam jumlah banyak... duh hepinya hati ini ^_^ tapi kok juga jadi panik ya... huaaa harus ngapain nih kie?
1. Tenang dan Kumpulkan Informasi
Karena panik juga nggak akan menyelesaikan masalah ^_^ maka tenang menjadi pilihan satu-satunya yang bisa kita lakukan pren. Tarik nafas dalam... lalu tanyakan hal-hal penting yang perlu kita ketahui sebelum pesanan ini dikerjakan :
- Nama pemesan
Kadang karena begitu antusiasnya calon pembeli saat menghubungi kita, beberapa orang malah lupa mengatakan siapa namanya... trus misal alamat emailnya pake nama mamadimas.. alamat webya, gadisgaul... haha bingung tho mau manggil siapa, padahal untuk menjalin komunikasi yang baik, mengetahui nama sangat penting pren ^_^ rasanya akan lebih deket dan akrab saat tau siapa nama calon pembeli karya kita ini.

TipS nya : saat akan merespon pertanyaan pembeli kita bisa bilang... "eh enaknya manggil namanya siapa ya mama dimas.. kata orang kalau tak kenal maka tak sayang, hehehe nama saya kikie" , yeahhh...yeah so jadul dan so basi qhehehe... namanya juga cotoh pren... tentunya temen-temen bisa mengembangkan kalimat perkenalan ini menjadi lebih menarik sesuai kepercayaan kita masing-masing. Yak berdoa... mulai... hahaha apaan coba.

- Alamat rumah, email, web site, serta no telpon yang dapat di hubungi

Data ini juga penting banget pren, terutama untuk menghubungi pembeli mengenai progress  pesanan mereka. Dari pengalaman saya sebaiknya sih kita tidak hanya mengandalkan satu cara komunikasi, karena alasan sederhana kita nggak pernah tau apa yang akan terjadi. Karena tiap sarana komunikasi punya resiko tertentu, misal :
1) Email : bisa jadi sarana tak berarti saat pembeli tiba-tiba harus keluar kota yang terpencil dan juauh plus nggak bisa on line.. terpaksalah kita jadi putus komunikasi...
2) No Hp : sudah dimiliki bertahun-tahun lamanya tiba-tiba di bis di copet.. hilang sudah pembeli potensial kita, karena kita ngehubungin dia nggak bisa, pembeli pun lupa no telpon kita yang cuma terekam di memory hp nya
3) Web Site: Tak ada angin tak ada hujan tiba-tiba muncul peraturan pemerintah untuk menutup akses ke beberapa web tertentu yang sialnya termasuk web kita huaaaaa... paniks jelas!!! web nya sih bisa dibuat lagi tapi pelanggannya belum tentu bisa di dapet lagi pren. Dengan memiliki berbagai alternatif untuk saling menghubungi, kita dapat meminimalisasi masalah miss komunikasi ^_^
Kalau bisa tukar-tukaran poto juga lebih bagus, biar bisa ngebayangin gimana wajah calon pembeli walaupun nggak berhadapan langsung... jadi memudahkan kita saat mendesain aksesoris, huahahaha ini mah alasan biar tampil... anggota narsis dot com

- Tanyakan aksesoris jenis apa yang ingin di pesan.

Inilah inti utama pemesanan, tanyakan detail benda yang diinginkan pren, terutama menyangkut :
1) jumlah yang diinginkan
ini akan berpengaruh saat kita akan menentukan lama pengerjaan. Barang jumlah yang banyak tentunya akan butuh waktulebih lama untuk diselesaikan
2)  spesifikasi barang, ini menyangkut :

- warna, misal warna biru mau biru yang tua atau muda, pasrikan juga kita bisa mengenali dengan baik istilah-istilah dalam menentukan warna misal : biru benhur, pink salem, nude, pastel, hijau tosca dsb.
- model, sebaiknya kita beri judul untuk setiap aksesoris yang kita buat sahabat ^_^ ini akan memudahkan kita saat berkomunikasi dengan pelanggan. Kalau masih belum jelas minta ybs untuk mengirimkan foto atau menunjuk model aksesoris yang bisa kita lihat bersama.
- ukuran, karena kecil danbesar menurut tiap orang bisa berbeda-beda... pastikan ukuran tersebut punya definisi yang jelas. kalau kecil kira-kira sekecil apa... atau kalau pembeli bingung menentukan ukurannya, coba tanyakan akan dipakai orang berukuran tubuh seberapa aksesoris tsb.
 - jenis bahan, apakah mau kristal swaroski atau tanpa swaroski... menggunakan manik plastik atau batu alam? ini terkait dnegan stok barang yang kita punya serta estimasi harga yang akan kita tawarkan kepada pembeli ^_^ jangan smape setelah kita buat aksesoris dnegan susah payah, pembeli suka setelah lihat hasilnya... tapi transaksi batal karena pembeli tsb terpukau oleh harga yang ditawarkan hehehe... every quality has it own cost ya dear..

- Tenggat waktu yang diharapkan calon pembeli

Setelah tiga hal diatas, jangan lupa untuk menanyakan... kapan aksesoris ini harus diterima pembeli ^_^ idealnya semakin cepat semakin baik ya sahabat... tapi ada beberapa kasus dimana pembeli mengharapkan barang dikirim saat tanggal gajian sudah datang ^_^ kalau memang kasusnya demikian maka hingga waktu yang diharapkan datang kita masih punya kesempatan untuk mendahulukan pesanan lain yang mungkin sifatnya lebih Urgent.


TipS : Sebaiknya untuk tiap aksesoris yang kita buat, kita bisa mengestimasi berapa waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan satu proyek pren.. misal: bikin bros kupu-kupu satu buahnya dibutuhkan waktu 15 menit, kalau dapet order 20 buah maka perlu waktu 5 jam untuk menyelesaikannya. Kalau setiap hari waktu yang kita punya untuk meronce adalah 2 jam... idealnya bros ini bisa selesai dalam waktu 3 hari. Tapiiii... kadang saat menyelesaikan pekerjaan yang sama terus menerus, tingkat kejenuhan yang kita hadapi juga makin tinggi.. kalau ini proyek pertama kita, beri spare waktu 2 hari lebih lama. Berikut janji manis, kalau bisa selesai lebih cepet nanti saya hubungi lagi ya mbak... ^_^

Huaaaa tapi kie gimana nihhhh...calon pembeli ku nggak tau apa yang mau dipesen... huhuhuhu aku senneg sih dipercaya tapi kok malah jadi pusing ya kie pas dianya bilang "terserah mbak aja deh.. semuanya bagus-bagus mbak saya bingung milihnya"

Weits.. selamat sahabat ^_^ artinya selera kita dalam mendesain aksesoris sudah punya penggemar setia, cuwi..witt hehehe. tapi memang ini situasi yang bikin mumet ya... biar pusing ini nggak menjadi-jadi lakukan langkah yang akan dibahas di tulisan berikutnya hehehe... habis sudah lama nggak nulis nih sahabat... sekalinya nulis langsung puanjuanggggg sekali hihihihi, semoga cerita sederhana ini bisa memberi sedikit memberi arti ya pren ^_^


lagian udah pagi nih mam, saatnya maen sama dims

12 komentar:

  1. Wah, makasih banget nih Kie sharingnya. Bermanfaat banget. Kadang2, kita sudah estimasi waktunya, eee, adaaaa aja kendala yg lain. Misal, anak sakit. Nah, menghadapi situasi seperti ini enaknya gimana, Kie ? Terus, menghadapi pembeli partai besar yang terkadang meminta special diskon, enaknya bagaimana ? ini juga yang suka buat deg-degan hihihi.

    BalasHapus
  2. iya mbak... aku juga maish sama, kadang udah semangat bikin... eh malemnya nggak kebangun, hehehe perlu latihan untuk bisa disiplin mbak...
    untuk diskon pembeli partai besar (ikut pemilu nggak ya kemarin hehehe) aku bahan di tulisan ku yang berikutnya mbak... hihihihi nantikan ya tayangannya hahaha

    BalasHapus
  3. Siiip..Ki...ditunggu nih edisi selanjutnya.

    BalasHapus
  4. wah sitenya penuh dgn gambar2 yg indah mba... jadi betah. ^_^

    BalasHapus
  5. sukses terus mba kie...semangat...!!!! :)

    BalasHapus
  6. pengeeeen banget jd pengusaha manik sepertimu mbak....tp belum2 dah aada aja kendalanya. bahan2 sih dah siap mo di ronce...eeee malesnya datang...bete deh. tp stiap buka2 web mbak...semangat lagi deh. salut ma mbak kie yg bisa jd inspirator bwat para manikers yg sering kbingungan kaya' ak. ^_^

    BalasHapus
  7. mba kie topz deh...jualan juga tapi sharing jalan terus...keep up the good work ya mba...

    BalasHapus
  8. ^^ skalian surhat ya mba kie ni. hihihi..

    BalasHapus